Taruna TNI AL Hibur Pengunjung World Expo Milan

Back to Home

Milan – Kepala Staf AngkataTaruna ALn Laut Indonesia Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan pasukan KRI Banjarmasin-592 hadir ke Paviliun Indonesia di World Expo Milan 2015 untuk menampilkan berbagai atraksi menarik yang memukau pengunjung.

“Sebanyak 80 taruna yang tergabung dalam Genderang Suling Gita Jala Taruna menampilkan atraksi menarik. Gerakan akrobatik plus tarian kombinasi hadirkan nuansa berbeda pada Paviliun Indonesia,” katanya dalam pernyataan pers yang diterima redaksi, Senin (8/6).

Area World Expo Milano disemarakkan oleh gegap gempita Kirab Genderang Suling dari ratusan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia pada 7 Juni 2015. Taruna tersebut sengaja didatangkan dari Indonesia untuk ikut memeriahkan peringatan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day), sebagai bagian kegiatan bergengsi Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015.

Atraksi yang ditonton oleh ribuan orang tersebut dilepas langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo dan disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia Laksamana TNI Ade Supandi dan Minister Counsellor KBRI Roma Agus P. Saptono di depan Paviliun Indonesia pada pukul 12.30, Minggu, waktu Italia.

“Genderang Suling terdiri dari tiga jenis kelompok, yakni walrus, tenor dan senar drum. Ketiga elemen tersebut dikombinasikan menjadi drumband dengan berbagai aksi akrobat. Gerakan akrobat ini yang menjadi keunggulan,” kata Perwira Operasi Kartika Jala Krida (KJK) 2015 Mayor Laut (P) Fafan Yudo Brahmono.

Genderang Suling ini merupakan ikon dari Akademi Angkatan Laut (AAL). Mayor Laut (P) Fafan menjelaskan bahwa setiap Taruna AAL akan dilatih menjadi Genderang Suling. Sebab, memainkan drumband ini bisa dibilang menjadi salah satu kemampuan dasar yang diperlukan.

“Kehadiran Genderang Suling di World Expo Milan 2015 ini membawa nama Indonesia. Sehingga, harus benar-benar matang dan bisa menampilkan sesuatu yang luar biasa. Kami tentunya berusaha keras,” ujarnya.

Sementara itu, siaran pers KBRI Roma menyatakan selain menikmati suguhan aksi kirab tersebut, sore harinya pengunjung juga disuguhkan penampilan berbagai atraksi seni budaya oleh Taruna Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di depan Paviliun Indonesia.

Kehadiran mereka menyampaikan pesan kepada pengunjung bahwa Indonesia sebagai sebuah negara maritim yang memiliki kekayaan laut, seni dan budaya terus berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan kekayaan kemaritiman Indonesia sebagai bagian dari kekayaan laut dunia.

Para taruna tersebut datang ke Italia menggunakan Kapal Perang TNI AL jenis landing platfrom dock KRI Banjarmasin-592 sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum ketiga institusi pendidikan kemaritiman tersebut.

Selama pelayaran, para taruna diajarkan kuliah umum seperti etika pergaulan internasional, pembentukan karakter bangsa dan ideologi negara, pemahaman budaya dan tradisi nasional, serta mata kuliah teknis pelayaran dan kebaharian. Selain itu, kedatangan mereka juga diharapkan dapat mendukung kegiatan promosi pariwisata Indonesia kepada para pengunjung World Expo Milano 2015.

Selain memeriahkan hari World Ocean Day di area World Expo Milano, para taruna juga akan melakukan kunjungan ke akademi Angkatan Laut Italia yang berlokasi di kota Livorno. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang bertukar ilmu dan pengalaman serta menambah jejaring persahabatan. Selain itu, para taruna juga akan melakukan Kirab drum Band dan pertunjukan seni budaya di kota Genoa pada tanggal 9 Juni 2015.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dari Pemerintah kota. Hal ini terbukti dengan rencana hadirnya Walikota Genoa menyaksikan langsung pertunjukan tersebut yang akan diakhiri dengan makan siang bersama.

Sumber :

http://www.beritasatu.com/destinasi/280883-taruna-tni-al-hibur-pengunjung-world-expo-milan.html