Signature Tower Berlantai 111, Dibangun di SCBD

Back to Home

signature towerPT Danayasa Arthatama Tbk, membangun Signature Tower, yang akan berlokasi di lot 6 kawasan SCBD. Bakal gedung tertinggi di Indonesia ini dirancang memiliki 111 lantai

TIDAK hanya menjadi salah satu pusat bisnis di Ibu Kota, kawasan SCBD dalam lima tahun ke depan akan memperoleh predikat baru sebagai rumah bagi bangunan tertinggi di seantero Tanah Air.

Hal itu seiring rencana PT Danayasa Arthatama Tbk, membangun Signature Tower, yang akan berlokasi di lot 6 kawasan SCBD. Bakal gedung tertinggi di Indonesia ini dirancang memiliki 111 lantai yang akan berdiri megah setinggi 638 meter di atas permukaan tanah.

Pengejewantahan rencana itu sendiri telah menunjukkan tanda-tanda konkrit dengan dibongkarnya gedung Automall yang tadinya merupakan pusat penjualan serta showroom mobil-mobil mewah di jantung kawasan SCBD.

Corporate Secretary Danayasa Arthatama Tony Soesanto mengatakan, kegiatan pembongkaran tersebut bagian dari proses uji struktur tanah di lokasi bakal berdirinya menara yang digadang-gadang masuk kedalam 5 besar bangunan tertinggi di dunia tersebut. “Kita perlu area kerja untuk soil test dulu,” kata dia.

Sebelumnya, Santoso Gunara, Wakil Presiden Direktur PT Jakarta International Hotels & Development Tbk, induk usaha Danayasa Arthatama mengatakan para ahli gempa dari Jepang dan Institut Teknologi Bandung (ITB) akan dilibatkan dalam proyek pembangunan menara Signature Tower.

Pengerjaan uji struktur tanah sendiri akan dilakukan dengan pengeboran 200 meter ke dalam tanah untuk menentukan desain fondasi menara yang lebih detail, demi menekan risiko terburuk jika adanya gempa bumi.

Meski demikian, Santoso masih belum mau memberikan kepastian kapan proyek yang diperkirakan menelan biaya hingga US$2 miliar tersebut akan memasuki masa konstruksi.

Namun tahapan-tahapan proyek ini setidaknya sudah mulai terlihat lewat penandatanganan perjanjian kerja sama antara Danayasa Arthatama dengan MGM Hospitality di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 21 Mei 2012 yang lalu.

Hal ini terkait kerja sama pengelolaan hotel super mewah, Convention Center, service apartemen untuk bakal gedung The Signature Tower, SCBD, Jakarta.

Yang pasti, mimpi Indonesia untuk memiliki salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia boleh jadi akan terwujud.

Dalam daftar 100 gedung tertinggi di dunia yang dikeluarkan Council of Tall Buildings and Urban Habitat, Illinois Institute of Technology, Chicago, Amerika Serikat, bulan Desember 2011, Signature Tower-Jakarta bakal menjadi gedung tertinggi ke-5 di dunia.

The Kingdom Tower-Jeddah berada diurutan pertama gedung tertinggi di dunia dalam daftar tersebut dengan tinggi 1 km di atas permukaan tanah dengan jumlah lantai 156, sedangkan Petronas Tower-Kuala Lumpur berada di urutan ke-31 dengan ketinggian 452 meter dan jumlah lantai 88.

Signature Tower sendiri dirancang oleh konsultan-konsultan berkelas dunia yang berpengalaman dalam pembangunan gedung-gedung mega-tinggi (mega tall buildings) di dunia, dengan didampingi konsultan-konsultan dalam negeri yang ternama, yakni Smallwood, Reynolds, Stewart, Stewart & Associates, sebuah firma arsitektur ternama dari Atlanta, Amerika Serikat.

 

Sumber : http://properti.pelitaonline.com/news/2013/04/02/signature-tower-berlantai-111-dibangun-di-scbd#.UaXEN9jC0it