SBY dan Ronaldo akan kampanye selamatkan mangrove

Back to Home

RonaldoJakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan akan menghadiri pencanangan kampanye selamatkan bakau bertajuk “Bali Save Mangrove, Save Earth  (BSMSE)” di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali pada 26 Juni 2013 bersama bintang sepakbola dunia Christiano Ronaldo.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove, mengajak partisipasi aktif masyarakat guna pelestarian hutan mangrove, dan mengembalikan kondisi ekosesitem serta keragaman hayati bagi tanaman mangrove,” demikian informasi yang disebarkan www.setkab.go.id di Jakarta, Senin.

Presiden dan  Ibu Negara beserta beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II akan melakukan penanaman pohon Mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.  Selain melakukan kampanye Selamatkan Bakau, Presiden di Bali akan langsung menerima laporan lengkap kemajuan persiapan KTT APEC yang akan dilaksanakan di Bali pada 5-7 Oktober mendatang.

Acara pencanangan “Bali Save Mangrove, Save Earth  (BSMSE)”  diawali dengan penyerahan secara simbolis bibit mangrove, alat pengolah buah mangrove, dan alat pencacah sampah. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan akan menyerahkan sertifikat sebagai duta Forum Peduli Mangrove (FPM) Bali kepada bintang sepakbola dunia asal Portugal yang kini memperkuat klub Real Madrid, Spanyol tersebut.

Penunjukan Christiano Ronaldo sebagai  duta Forum Peduli Mangrove ini dimaksudkan untuk memperjuangkan konservasi Mangrove di Indonesia.

Duta mangrove

Upaya melibatkan Christiano Ronaldo menjadi duta mangrove tak lepas dari peran pengusaha nasional boss Artha Graha Group Tomy Winata. Sebelumnya, pada 11 Maret 2013, Artha Graha Peduli, mengumumkan bintang sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo bersepakat untuk memperjuangkan konservasi mangrove di Indonesia.

Artha Graha Peduli menobatkan  Ronaldo sebagai Duta Mangrove Untuk Bali – yang dilakukan melalui Forum Peduli Mangrove. Forum Peduli Mangrove adalah gerakan pelestarian mangrove di Bali yang didukung oleh lima Lembaga pemberdayaan masyarakat yang berada di selatan Tanjung Benoa, Bali.

Penunjukan Ronaldo sebagai Duta Mangrove Bali dalam Forum Peduli Mangrove dilakukan dalam pertemuan di Madrid, Spanyol, Jumat 8 Maret 2013, saat pemain bola asal Portugal itu bertemu pimpinan Grup Artha Graha, Tomy Winata yang sedang berada di Eropa guna menghadiri Konferensi ke-56 Komisi PBB Anti-Narkotika dan Obat-obatan Terlarang, UNOCD (United Nations Office on Drugs and Crime), yang juga memiliki kebijakan utama mengadakan kerja sama bagi pelestarian satwa liar dan pecegahan kerusakan hutan.

Dalam Konferensi UNODC itu hadir pula Komisaris Jenderal Gories Mere, mantan Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional).

Tomy Winata menyatakan senang dan bahagia Ronaldo setuju mendukung penuh kegiatan pelestraian hutan mangrove di Indonesia. Ia menilai Ronaldo adalah Duta Penyelamatan Mangrove yang cocok, mengingat dia memiliki daya tarik dan panutan. “Kami mengharapkan pesan ‘Save Mangrove, Save Earth’ dapat menjangkau segala lapisan masyarakat, baik muda maupun tua, kaya maupun miskin.” Katanya.

Kementerian Kehutanan Indonesia memperkirakan bahwa Indonesia memiliki lebih dari sembilan juta hektar hutan mangrove, tetapi sekitar 70 persennya telah hilang dan berubah menjadi kawasan pertanian, perkebunan kelapa sawit, serta pengembangan desa dan perkotaan.

Ronaldo mengaku merasa istimewa dapat berperan dalam melestarikan mangrove di Indonesia.

“Saya pernah datang ke Aceh setelah tragedi tsunami, dan kehancuran yang saya lihat, menyisakan kenangan yang dalam pada diri saya,” kata Ronaldo yang pernah bertemu dengan Martunis, bocah korban tsunami Aceh yang ditemukan tengah mengenakan kaos sepakbola Portugal.

Editor: Unggul Tri Ratomo

 

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/381650/sby-dan-ronaldo-akan-kampanye-selamatkan-mangrove