Ronaldo Tanam Mangrove Bareng SBY

Back to Home
ronaldo-sbyBALI – Pesepakbola tenar asal Portugal “Cristiano Ronaldo berkunjung ke tanah air. Dalam kunjungannya, Ronaldo tidak sekedar datang sebagai bintang sepak bola, melainkan juga membawa misi lingkungan. Ronaldo didapuk menjadi Duta Penyelamatan Mangrove Bali melalu Forum Peduli Mangrove yang merupakan bagian dai program Artha Graha Peduli.Rencananya, hari ini, pesepakbola 28 tahun itu akan menghadiri pencanangan kampanye selamatkan bakau bertajuk “Bali Save Mangrove, Save Earth (BSMSE)” bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.Acara pencanangan BSMSE tersebut, akan diawali dengan penyerahan secara simbolis bibit mangrove, alat pengolah buah mangrove, dan alat pencacah sampah. Selanjutnya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyerahkan sertifikat sebagai Duta Forum Peduli Mangrove (FPM) Bali kepada Ronaldo yang kini memerkuat klub Real Madrid, Spanyol.

Di akhir acara, Presiden dan Ibu Negara beserta beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II akan melakukan penanaman pohon mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

Penunjukan Cristiano Ronaldo sebagai Duta Forum Peduli Mangrove, bertujuan memerjuangkan konservasi mangrove di Indonesia. Menurut bos Artha Graha Grup Tomy Winata, sosok Ronaldo memang cukup peduli dengan lingkungan. Tomy mengisahkan, dirinya bertemu dengan Ronaldo pada Maret lalu. Dalam pertemuan tersebut, keduanya mengobrol soal pentingnya penyelamatan lingkungan, termasuk salah sataunya menyelamatkan hutan bakau.

“Kita mengobrol soal konservasi alam, tsunami Aceh dan pentingnya menyelamatkan hutan bakau. Eh, dia tertarik dan mau datang ke Indonesia untuk kampanye mangrove,”ujar pengusaha nasional tersebut, Selasa (25/6).

Menurut Tomy, Ronaldo mengaku cukup tersanjung karena dipercaya untuk membantu melestarikan mangrove di Indonesia. Sebab, dia pernah mengunjungi Aceh pasca tsunami. “Dan saya melihat di tempat yang ditumbuhi mangrove terbentuk ekosistem yang dapat melindungi dari hantaman ombak besar, dengan demikian banyak jiwa yang selamat serta lebih sedikit kerusakan yang ditimbulkan,”kata Ronaldo seperti dikisahkan Tomy.

Tidak hanya itu, kesediaan Ronaldo untuk menjadi Duta Mangrove untuk Bali, ternyata cuma-cuma alias sukarela. Tomy menuturkan, pesepakbola dengan sebutan CR7 itu menegaskan tidak mau menerima uang untuk kampanye hutan bakau di Bali. “No commercial deal. Ronaldo tidak mau terima uang satu dollar pun untuk kampanye ini,”kata Tomy.

Tomy juga mengungkapkan penghargaannya terhadap Ronaldo. Sebab, meski di Riau tengah dilanda kabut asap, dia tetap berniat datang ke Indonesia. Padahal, kabut asap tersebut cukup mempengaruhi keselamatan penerbangan. “Justru Ronaldo makin semangat untuk menyelamatkan lingkungan,”ujar Tomy.

Bahkan, lanjut Tomy, Ronaldo mengajak serta kekasihnya supermodel Irina Shayk. “Ronaldo dan kekasihnya akan datang ke Denpasar sebagai Duta Penyelamatan Mangrove Bali. Mereka adalah pasangan yang peduli lingkungan,”lanjutnya.

Nam un, sayang agenda penjemputan Ronaldo di Bandara Ngurah Rai yang seharusnya berlangsung kemarin, dibatalkan pihak panitia. Pihak panitia menuturkan, pihak Ronaldo meminta tidak ada peliputan untuk penjemputan.

Sementara itu, di samping menghadiri pencanangan BSMSE, kedatangan Presiden SBY yang juga didampingi ibu negara Ani Yudhoyono dalam rangka kunjungan kerja. Kemarin, SBY meninjau kesiapan penyelenggaraan KTT APEC 2013, yang akan digelar di Bali pada 5-7 Oktober mendatang. Paparan persiapan penyelenggaraan KTT APEC 2013 akan disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi, paparan kesiapan substansi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa, paparan kesiapan pengamanan oleh Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, paparan kesiapan media dan humas oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan paparan kesiapan APEC Business Advisory Council (ABAC) oleh Presiden ABAC Wisnu Wardhana. (Ken)