Pelabuhan Benoa Targetkan 58 Kapal Pesiar

Back to Home

Tahun 2014 ini Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III cabang Benoa telah menargetkan sebanyak 58 kapal Pesiar yang akan bersandar. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2013 lalu – dimana jumlah kapal pesiar yang akan datang sebanuak 40 kapal.

 

Denpasar – Fajar Bali

General Manager (GM) Pelindo III Benoa Ali Sodikin menyatakan, Pihaknya telah memiliki rencana untuk menambah panjang dermaga kapal pesiar hingga 100 Meter. Penambahan ini sambungnya agar kapasitas daya tamping kapal pesiar yang datang bisa lebih banyak lagi.

“Sekarang baru bisa menampung 1 kapal pesiar. Dengan adanya penambahan panjang dermaga maka nanti mampu menampung 2 kapal secara bersamaan,” kata Sodikin di Denpasar, belum lama ini.

Selain memperpanjang dermaga lanjut Sodikin, pihaknya kini telah menambah mesin X ray yang diletakkan di terminal international. Hal ini diberlakukan pihaknya karena pelabuhan terbesar yang ada di Bali tersebut ingin dikembangkan menjadi salah satu tujuan kapal pesiar.

Keinginan tersebut jelas Sodikin dikarenakan bahwa jumlah kunjungan kapal pesiar ke Bali terus meningkat setiap tahunnya. “Kami terus push(dorong) agar kunjungan melalui pintu Pelabuhan Benoa semakin baik, karena itu terminal domestik dan international dipisah.” Jelasnya.

Sodikin memaparkan, pelindo III cabang Benoa kini juga telah meningkatkan kapasitas daya tampung untuk penampung domestik yang dapat menampung hingga 3 ribu orang.

“Sebelumnya hanya mampu menampung penumpang sekitar 500 hingga 1.000 orang,” sebutnya

Langkah ini kata Sodikin telah dilakukan sejak awal tahun 2014 lalu dan rencananya akan selesai pada bulan agustus nanti. “sudah sejak awal tahun pembangunannya dikerjakan. Agustus ini akan selesai,” Ujarnya.

Kata Sodikin, perluasan terminal ini sebagai upaya meningkatkan fasilitas pelabuhan terbesar yang ada di pulau Dewata tersebut. Diharapkan, dengan semakin besarnya kapasitas terminal penumpang domestik tersebut dapat menambah kenyamanan bagi penumpang domestik dari dan menuju Bali.

Dipelabuhan Benoa sendiri kata Sodikin ada 2 kali kedatangan dan keberangkatan kapal dalam kurun waktu sepekan dengan tujuan Nusa Tenggara Barat(NTB), Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Jawa. Beberapa kapal tersebut yakni KM Tiltongkabila, KM Awu dan Kelimutu. W-011

 

Sumber : Media cetak, Fajar Bali; Halaman 10

Tanggal : 15 juli 2014