Operasi Pasar di Pasar Minggu dan Cipete, Daging Sapi Dijual Rp75 Ribu per Kilogram

Back to Home

Gervin Nathaniel Purba | 12 Juni 2016 09:03 WIB

6TjXIBRbvD

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Toko Tani Indonesia (TTI) bersama Artha Graha Peduli (AGP) kembali menggelar pasar murah guna menekan harga selama Ramadan. Upaya ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah dan swasta dalam menjaga kestabilan harga pangan.

Operasi pasar, menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, sebagai solusi jangka pendek dalam menekan harga.

“Dan ini bukan untuk Ramadan saja, ini sampai terbentuk struktur pasar baru,” ujar Amran, ditemui di Jalan Ragunan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (12/6/2016).

Pada kesempatan itu, Amran menyampaikan kepada publik bahwa stok pangan cukup. Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa di bulan puasa ini, sebaiknya masyarakat bisa menahan segala nafsu. Bukan hanya menahan rasa lapar dan haus, melainkan menahan nafsu untuk berbelanja.

“Harusnya kebutuhan kita berkurang secara logika, bukan bertambah. Justru ini tidak terkontrol, ini ada anomali. Ketersediaan banyak, tapi kok harga pada naik. Ini anomali,” kata Amran.

Khusus untuk daging sapi, Amran mengaku masih butuh waktu dalam menstabilkan harga. Menurutnya, permasalahan ini tidak bisa diselesaikan dalam satu hari atau satu bulan.

Pada operasi pasar kali ini, harga daging dijual Rp75 ribu per kilogram (kg). Amran mengatakan AGP sudah untung Rp5.000.

“Nih tanya pengusahanya, sudah untung kan Rp5.000? Jadi, arahan Presiden bisa dijalankan,” ucap Amran, yang diiyakan perwakilan AGP.

Untuk daging sapi, lanjut Amran, ada sekitar 1.000 ton daging yang dilepas di Pasar Minggu dan Pasar Cipete.

“Pokoknya, mau minta berapa pun akan kami lepas,” tutur Amran.

Tidak hanya daging sapi yang dijual murah. Beberapa bahan pangan lain juga dijual dengan harga bersahabat, yakni beras Rp7.500 per kg, cabai merah keriting Rp18 ribu per kg, dan bawang merah Rp25 ribu per kg.

Selain itu, AGP menjual paket sembako Rp25 ribu per paket, yang terdiri atas beras 2 kg, minyak 1 liter, gula 1 kg, dan mie instant tiga bungkus.

Upaya ini merupakan tindak lanjut dari tim khusus hasil rapat koordinasi antara Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

“Tim ini sudah dibentuk dan mulai hari ini bekerja,” ucap Amran. (ROS)

Source : http://news.metrotvnews.com/read/2016/06/12/541588/operasi-pasar-di-pasar-minggu-dan-cipete-daging-sapi-di