Kutub Baru Investasi di Timur Jakarta

Back to Home

kutub-baru-investasi-di-timur-jakarta-Cez

Geliat properti di kawasan timur Jakarta kini bukan lagi menjadi pilihan kedua. Punya akses bagus, infrastruktur baik, serta ladang investasi baru adalah pertimbangan utamanya.

Kawasan timur Jakarta saat ini telah menjelma menjadi area pilihan pengembang dalam menancapkan beberapa proyek propertinya.  Wilayah timur Jakarta yang strategis dijadikan alasan untuk pengembangan sektor properti oleh para developer.

Pertumbuhan properti di kawasan ini pun semakin subur. Ceruk pasarnya terbuka lebar dan lokasinya sangat memikat bagi konsumen. Apalagi perpaduan antara tempat tinggal, perkantoran, dan rekreasi dalam satu lokasi di pusat kota menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Tak heran, kawasan ini sering disebut oleh beberapa pengamat sebagai kutub baru di kawasan timur Jakarta. “Kawasan timur Jakarta acap kali disebut sebagai kutub baru pertumbuhan properti. Alasannya, kawasan ini semakin subur perkembangannya,” kata pengamat properti Tirta Setiawan. Seperti yang dituturkan oleh Tirta, dulu kawasan ini disebut sebagai kawasan hunian yang pertumbuhannya relatif lamban.

Pasalnya, tanah kosong di kawasan timur Ibu Kota relatif lebih sedikit dibandingkan kawasan barat, selatan, dan pusat. Apalagi, kawasan ini selalu dipersepsikan sebagai lokasi industri. Dampaknya, masyarakat yang belum pernah tinggal di wilayah timur Jakarta, merasa enggan untuk tinggal. “Persepsi masyarakat bisa menjadi penentu dalam perkembangan satu kawasan,” ujarnya.

Padahal, keberadaan industri di wilayah timur Jakarta bisa menjadi celah pasar bagi pengembang karena pegawai yang bekerja di perusahaanperusahaan tersebut dapat menjadi pasar potensial. Apalagi, aksesibilitas di kawasan ini sudah semakin baik dengan telah dibukanya akses tol, serta fasilitas jalur busway di sepanjang jalan memasuki area perumahan dan tempat tinggal.

Selain landed house, kawasan timur Jakarta juga telah diramaikan oleh pembangunan apartemen, pertokoan, perkantoran, area hang out, pusat kebudayaan, dan hotel. Karena itulah, keyakinan pengembang untuk menancapkan proyek propertinya di kawasan timur Jakarta semakin menggeliat. “Namun, ini semua harus didukung oleh kebijakan pemerintah daerah, khususnya yang terkait dengan pembenahan lingkungan seperti memperbaiki infrastruktur jalan,” ungkap Tirta.

Selain mengembangkan proyek landed house, pengembang juga membangun apartemen bersubsidi dan apartemen menengah di kawasan timur Jakarta. Dengan alasan keterbatasan lahan serta mahalnya harga tanah, apartemen bisa menjadi salah satu alternatif tempat tinggal di kawasan timur Jakarta. Dukungan serupa disampaikan oleh pengamat properti Ali Tranghanda. Menurut dia, sebagian besar daerah di kawasan timur Jakarta sangat cocok untuk dijadikan tempat tinggal.

Apalagi didukung dengan kualitas air yang relatif masih baik. Bahkan, beberapa daerah di kawasan Jakarta yang berbatasan dengan Cibubur, udaranya masih sejuk. Sejumlah perumahan di kawasan timur Jakarta juga memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan daerah lain.

Dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan yang diperoleh, tidak heran jika kawasan timur Jakarta menjadi lokasi strategis untuk investasi. “Berada di kawasan timur Jakarta membuat investasi aman dan menguntungkan,” tutup Ali.

Aprilia S Andyna 

Sumber :

http://www.koran-sindo.com/read/1042438/150/kutub-baru-investasi-di-timur-jakarta-1441769698