Kemendag klaim Indonesia raih prestasi di World Expo Milano 2015

Back to Home

Siti Nur Azzura | Rabu, 18 November 2015 | 17:41

kemendag-klaim-indonesia-raih-prestasi-di-world-expo-milano-2015

Merdeka.com – Kementerian Perdagangan mengklaim paviliun Indonesia menangguk banyak prestasi di World Expo Milano (WEM) 2015. Di pameran internasional itu Indonesia memamerkan kearifan budaya lokal dan potensi wisata nasional.

“Beberapa capaian yang diraih adalah Paviliun Indonesia termasuk 10 besar dengan pengunjung terbanyak, yaitu skitar total 4.012.248 juta orang. Jumlah ini mencapai dua kali lipat target awal. Bahkan di antara negara ASEAN, jumlah kunjungan ini merupakan yang terbesar, disusul Malaysia dengan 3 juta pengunjung,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak, Jakarta, Rabu (18/11).

Dia menambahkan, CNN juga menobatkan Paviliun Indonesia menjadi satu dari 24 bangunan yang memiliki desain paling impresif di WEM 2015. Menurutnya, bangunan berkonsep bubu nelayan dan lumbung tersebut memiliki konstruksi apik, unik, ramah lingkungan.

Selain itu, Museum Rekor Indonesia dan Guinness World Record mendapuk tumpeng raksasa disuguhkan Paviliun Indonesia sebagai tertinggi di dunia. Tumpeng tersebut memiliki tinggi mencapai 2,28 meter dan berat 1400 kilogram.

“Prestasi ini betul-betul sangat membanggakan.”

Di luar itu, Paviliun Indonesia juga telah menyalurkan sumbangan sebesar Rp 263 juta ke lembaga sosial Italia yang mengayomi tunanetra.

“Sumbangan ini dilakukan melalui pertunjukan seorang penyandang tunanetra kami, yaitu Ade Irawan. Dia melakukan pertunjukan selama satu bulan,” jelas Nus.

Jelang penutupan, lanjutnya, pihaknya mengajak pengunjung untuk menikmati kopi luwak, notabene termahal di dunia. Ini sekaligus beramal untuk petani kopi Indonesia.

Ketua Koperasi Pelestari Budaya Nasional (KPBN)Widarma Rayadipudi Putro menambahkan, Paviliun Indonesia rencananya bakal dibangun di Tanah Air. Ini guna mengingat kesuksesan Indonesia di WEM 2015.

“Tapi kami masih mencari tempat di mana paviliun itu bisa dibangun,” katanya. “Ini sebagai pengingat bahwa almarhum Didi Petet menyampaikan semangat bahwa World Expo Milano ini harus kita ikuti, karena ini merupakan event penting ketiga selain World Cup. Maka dengan adanya dukungan dari pemerintah, kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses banyak prestasi yang diraih ini jadi kebanggaan.” [yud]

Sumber :

http://www.merdeka.com/uang/kemendag-klaim-indonesia-raih-prestasi-di-world-expo-milano-2015.html