Kemendag dan Artha Graha Peduli gelar operasi pasar

Back to Home

201506220647Menteri Perdagangan Rahmat Gobel melepas truk berisi beras dan daging sebagai aksi operasi pasar dari Artha Graha Peduli di halamana Kemendag, Minggu, (21/6/15). (ANTARANews/Ida Nurcahyani)

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Artha Graha Peduli menggelar operasi pasar untuk komoditas beras dan daging serentak di kelurahan-kecamatan dan pasar di seluruh wilayah DKI Jakarta, Minggu.

Sebanyak 5.000 ton beras dan 1.000 ton daging sapi beku telah dijual ke masyarakat dengan harga murah sejak 16 Juni hingga 16 Juli 2015 bertujuan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

Titik-titik penjualan daging tersebar di 153 wilayah DKI Jakarta dan dipastikan jauh dari pasar umum.

“Dengan demikian, diharapkan operasi pasar ini tidak mengganggu pasar para pedagang daging. Harga daging dijual Rp70.000 per kilogram agar tidak menekan para peternak sapi. Sementara beras kualitas medium dijual seharga Rp9.000 per kilogram,” kata Ketua Pelaksana Operasi Pasar Artha Graha Peduli Kusmanto Harapan usai pelepasan truk di halaman Kemendag, Jakarta, Minggu.

Kick off operasi pasar tersebut dilakukan oleh Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di halaman Kementerian Perdagangan, Jakarta, Minggu. Rahmat Gobel menyampaikan apresiasinya terhadap kepedulian Artha Graha Peduli dalam rangka turut menstabilkan harga.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan pada keluarha Artha Graha yang punya perhatian sangat besar dan kepedulian terhadap masalah sosial yang dihadapi masyarakat Indonesia khususnya dengan adanya kebutuhan bahan pokok yang sangat dibutuhkan saat puasa, lebaran dan saat lainnya. Hari ini kita akan melepas daging dan beras, kebutuhan akan komoditas itu banyak dan mudah-mudahan benar-benar akan terasa untuk masyarakat,” kata Mendag Rahmat.

Hari ini, sedikitnya 15 truk daging dan beras secara simbolik dilepas oleh Menteri Perdagangan dan bergerak ke wilayah kota di DKI Jakarta. Setiap truk masing-masing bermuatan delapan ton beras. Beras dikemas dalam paket 50 kg dan 10 kg.

Artha Graha Peduli sendiri sebelumnya sudah menggelar operasi pasar di 60 titik lokasi Pasar Jaya sejak 16 Juni 2015.

Operasi pasar daging merupakan ketiga kalinya dilakukan Artha Graha Peduli bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan, setelah yang pertama dan kedua dilakukan dalam bulan Ramadhan tahun 2009 dan 2013 saat harga daging sapi juga melonjak tajam.

Hadir pada acara tersebut Ketua Harian Artha Graha Peduli Indra S Budianto, pimpinan Artha Graha Network – Artha Graha Peduli, pejabat dari Kementerian Perdagangan, dan warga masyarakat.

Editor : Ruslan Burhani

Sumber :

http://www.antaranews.com/berita/502711/kemendag-dan-artha-graha-peduli-gelar-operasi-pasar