Inilah Aksi-aksi Sosial Yang Telah Dilakukan AG Peduli

Back to Home

130815_arthagraha_3Bisnis.com, JAKARTA – Kegiatan pasar sembako murah hanyalah satu dari sekian banyak kegiatan yang diinisiasi oleh AG Peduli. Masih banyak kegiatan lain yang dilakukan sebagai kontribusi nyata terhadap negeri dan makin menyatukan Artha Graha Network dengan masyarakat.

AG Peduli didirikan pada 1990 untuk mendukung semua aktivitas kepedulian sosial dan kemanusiaan. Dengan filosofi dasar Artha Graha milik swasta tetapi berguna bagi publik (AG private own, public utility), menjadikan perusahaan ini sadar sepenuhnya bahwa dalam menjalankan bisnis tak bisa dipisahkan dari obligasi moral membantu masyarakat yang menderita karena bencana atau oleh sebab lain, serta mengatasi berbagai permasalahan lingkungan.

Secara garis besar, AG Peduli membagi aktivitasnya dalam  lima kegiatan utama yakni aksi sosial, tanggap bencana, pelestarian lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan layanan hukum bagi masyakakat kurang mampu. Semua kegiatan telah berlangsung selama lebih dari 20 tahun dan akan terus dikembangkan terus diwaktu mendatang.

Pada 1990, Tomy Winata, Chairman AG Network yang juga pendiri Artha Graha Peduli memulai aktivitas perdana yang merefleksikan perhatian terhadap masyarakat marginal, jauh sebelum diterapkan program CSR di Indonesia. Beberapa kegiatan seperti Beras Jumat, donasi sembako bagi yang membutuhkan, aksi tanggap bencana, dan konservasi hutan, satwa liar serta cagar laut.

AG Peduli terlibat aktif dalam berbagai aksi penanggulangan bencana di berbagai tempat Indonesia, termasuk tsunami Aceh, erupsi Merapi Yogyakarta, gempa bumi Padang, letusan Gunung Rokatenda, tanah longsong Jember, banjir Jakarta dan sebagainya. Di level internasional aksi serupa juga dilakukan dengan membantu korban gempa bumi Chengdu (China), suplai obat-obatan untuk Palestina, serta donasi untuk korban gempa dan tsunami Jepang.

Sejak 1997, AG Peduli mulai melakukan konservasi hutan, satwa dan cagar laut dalam upaya berpartisipasi menghadapi perubahan iklim dan pemanasan global serta pelestarian harimau Sumatra yang terancam punah. Kepedulian lingkungan tersebut dilakukan di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), seluas 45.000 hektardi ujung selatan Pulau Sumatra atau Lampung yang merupakan bagian dari Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

TWNC juga memiliki paling tidak 14.089 hektartaman laut yang berisi berbagai biota laut dan keanekaragaman hayati. Ditaman nasional tersebut juga sukses dilepasliarkan 5 Harimau Sumatra bersama buaya dan sejumlah species kura-kura.Saat ini dalam karantina TWNC terdapat 8 Harimau Sumatera, termasuk 4 anak Harimau Sumatera yang terlahir secara alami di TWNC.

Dalam perkembangannya, sejak awal tahun 2012 TWNC bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional menyelenggarakan Program Pasca Rehabilitasi (post rehabilitation program) berbasis konservasi alam bagi para pengguna narkoba. Program ini mendapatkan apresiasi yang baik dari Mr. Yuri Fedotov – Direktur United Nation on Drugs and Crime (UNODC), yang kemudian mengundang Tomy Winata mempresentasikan program tersebut dihadapan Sidang Tahunan UNODC ke 56 di Vienna, Austria pada bulan Maret 2013.

Belum lama ini, AG Peduli juga memperbesar perhatiannya terhadap kampanye hijau, sebuah upaya nyata dalam pelestarian lingkungan. Pada Maret 2013, AG Peduli bergerak dalam penamanan serta pelestarianmangrove di Kawasan Tahura Benoa, Baliyang dilaksanakan bersama dengan Forum Peduli Mangrove Bali. Dalam kampanye ini, hadir Cristiano Ronaldo, pesebakbola internasional yang kemudian dikukuhkan oleh Zulkifli Hasan – Menteri Kehutanan RI, menjadi Duta Forum Peduli Mangrove Bali.

AG Peduli telah melembaga menjadi sebuah gerakan sosial kemanusiaan, kemasyarakatan dan lingkungan yang begitu luas dan bergerak diberbagai pelosok wilayah Indonesia melibatkan berbagai elemen masyarakat, institusi pemerintah, dan mitra korporasi lain. Mengajak serta berbagai mitra dalam mewujudkan program merupakan sebuah keniscayaan guna kesinambungan sebuah aktivitaskemanusiaan. (Hery Trianto)

 

Sumber : http://www.bisnis.com/m/inilah-aksi-aksi-sosial-yang-telah-dilakukan-ag-peduli