HUT ke-486 DKI Jakarta

Back to Home

DKI

Mulai 22 Juni 2013 nanti, beragam acara akan memeriahkan HUT ke-486 DKI Jakarta. Dari Monorail Exhibition sampai pemotongan tumpeng raksasa di Balai Kota, pokoknya seru!

Kegiatan ini tersebar di beberapa titik, dari kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Jalan Sudirman. Rangkaian acara dimulai pada 22 Juni 2013, pukul 07.30 WIB, dengan apel upacara spesial HUT DKI di Plasa Selatan Monas.

Upacara ini akan dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dihadiri oleh seluruh jajaran SKPD Pemprov DKI serta anggota DPRD Jakarta. Uniknya, para peserta upacara harus mengenakan pakaian khas Betawi, yakni jas ujung serong untuk laki-laki dan kebaya encim bagi perempuan.

Pukul 16.00 WIB di sisi Timur Silang Tenggara Monas, digelar Monorail Exbition yang memajang replika-replika monorail. Bagi traveler pecinta teknologi, di lapangan IRTI Monas digelar Jakfox 2013 yang akan berlangsung hingga tanggal 23 Juni 2013. Ada beragam workshop, lomba dan pameran di sana.

Pukul 19.30 WIB, malam puncak HUT Jakarta akan dibuka dengan pemotongan tumpeng di Balai Kota Jakarta. Sebanyak 486 tumpeng berukuran normal serta sebuah tumpeng raksasa berukuran 4,86m x 4,86 m akan diarak dari Balaikota menuju Bundaran HI.

Nantinya, tumpeng yang diarak akan dibagikan kepada warga Jakarta yang menonton acara ini. Panitia sudah menyiapkan alat makan plastik agar masyarakat yang datang bisa menikmatinya. Selama arakan-arakan berlangsung, Transcorp akan menghibur masyarakat di sisi silang tenggara Monas yang berdekatan dengan Stasiun Gambir.

Acara ini akan dimulai pukul 20.00 WIB. Mengangkat tema “Karnaval Budaya Kota Jakarta Tempo Dulu, Masa Kini dan Masa Depan”, acara ini akan dimeriahkan artis-artis ibukota. Ada juga karnaval musik dan budaya khas betawi.

Semakin larut, acara justru makin meriah. Malam Muda Mudi atau Jakarta Nite Festival justru baru saja dimulai disepanjang Jalan MH Thamrin sampai di Bundaran HI.

8 panggung musik akan menghibur warga Jakarta dengan berbagai jenis musik, dari tradisional, dangdut, disko, campur sari, blues, jazz hingga rock and roll. Diperkirakan ribuan masyarakat akan turut menikmati sajian hiburan layaknya acara Car Free Night pada malam tahun baru 2013.

Penutupan jalan akan dilakukan secara bertahap mulai pukul 16.00 WIB. Namun penutupan total akan berlaku pukul 18.00 WIB. Pengalihan Transjakarta koridor I akan dijalankan sekitar pukul 19.00 WIB. Ribuan aparat dari Satpol PP, kepolisian serta TNI akan disebar untuk pengamanan selama acara berlangsung

Keesokan harinya yakni Minggu, 23 Juni akan digelar lomba lari ‘Jakarta Internasional 10’K’ yang akan diikuti ribuan peserta. Mulai dari warga hingga atlet nasional, juga atlet dari negara-negara tetangga akan ikut serta dalam ajang ini.

Tidak berhenti sampai disitu, rangkaian HUT DKI masih berlanjut di tanggal 28 sampai tanggal 30 Juni 2013. Drama tari Ariah akan digelar selama 3 hari berturut-turut di area selatan Monas Jakarta.