Artha Graha Peduli Gelar Pasar Sembako Murah di Cipete

Back to Home

1374655613Jakarta – Sebagai upaya membantu mengurangi beban masyarakat, Artha Graha Peduli (AGP) terus menggelar Pasar Murah Artha Graha Indomilk Peduli Ramadan 2013. Pada Rabu (31/7) pagi, kegiatan pasar murah ditujukan bagi sekitar 1.400 warga kurang mampu di Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Paket sembako berisi dua kilogram beras, terigu dan gula pasir masing-masing sebanyak satu kilogram, dua bungkus mie instan, dan mie bihun yang biasanya dijual seharga sekitar Rp 50.000, di pasar sembako murah yang digelar Artha Graha Peduli, paket sembako itu dijual dengan harga Rp 25.000.

“Untuk pasar murah di Kelurahan Cipete ini, AGP bersama beberapa unit usahanya, yaitu PT Danayasa Arthatama Tbk, PT Buanagraha Arthaprima, PT First Jakarta International, PT Pacific Place Jakarta, PT Artha Telekomindo, serta PT Sari Graha Arthatama, mengalokasikan 1.400 paket sembako yang dijual kepada warga yang tinggal di 104 RT dan 10 RW,” kata Koordinator Kegiatan Pasar Murah AGP di Kawasan SCBD, Emilia Kusuma saat ditemui di lokasi kegiatan, Rabu (31/7).

Dikatakan Emilia, untuk kawasan SCBD dan Jakarta Selatan, selain di Cipete, pasar sembako murah dilaksanakan di enam titik lainnya, yakni Kelurahan Senayan, Kelurahan Petogogan, Kelurahan Kramat Pela, Kelurahan Kuningan Barat, Kelurahan Gandaria Utara, dan Kelurahan Pulo.

“Untuk tujuh kelurahan itu, kami akan bagikan sekitar 5.000 paket sembako, tapi sepertinya akan kami tambah lagi sebanyak 600 paket karena melihat antusiasme warga yang cukup tinggi,” ungkap Emilia.

Menurut Emilia, dalam setiap kegiatan pasar murah, pihaknya selalu berkoordinasi dengan kelurahan setempat. Hal itu dilakukan agar kupon paket sembako yang dibagikan untuk keluarga kurang mampu dapat tepat sasaran.

“Selain kepada warga kurang mampu, kami juga sudah mengalokasikan untuk yayasan, panti asuhan, dan lainnya,” katanya.

Dikatakan Emilia, kegiatan pasar murah ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga menjelang Lebaran. Menurutnya, kegiatan serupa digelar di 600 titik lainnya di seluruh Indonesia, dengan 600.000 paket.

Di saat yang bersamaan, selain pasar murah di Cipete, AGP bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) di Kantor Kementerian ESDM, menjual sekitar 1.000 kg daging sapi dengan harga miring, yakni hanya Rp 65.000 per kilogram.

Pendiri Artha Graha Networks, Tomy Winata saat acara pelepasan armada penjualan daging murah di Kementerian Perdagangan beberapa waktu lalu mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai balas jasa kepada Bumi Pertiwi Indonesia yang sudah menyediakan tempat untuk berkarya dan mencari nafkah.

Dikatakan, dengan kodisi yang saat ini dihadapi masyarakat, tanpa diminta, dirinya merasa memiliki kewajiban untuk turut membantu.

“Saya lahir dan dibesarkan di Bumi Pertiwi Indonesia. Juga mencari nafkah dan berkarya di Bumi Pertiwi Indonesia, bersama dengan mitra-mitra Artha Graha di seluruh Indonesia. Saat ini saya melihat Bumi Pertiwi sedang dihadapkan pada beberapa kondisi yang perlu bersama-sama diatasi. Maka otomatis saya beserta jajaran Artha Graha, diminta atau tanpa diminta pemerintah, wajib untuk turut membantu. Ini adalah salah satu cara membayar kembali kepada Bumi Pertiwi Indonesia yang telah melahirkan dan membesarkan saya. Spirit ini saya tanam dan tekankan pula pada seluruh jajaran Artha Graha Network,” kata Tomy.

Tomy mengaku, dirinya bukan pedagang daging, namun kegiatan menjual daging murah ini diharapkan dapat menstimulasi pasar agar harga daging dapat lebih terjangkau masyarakat, namun tidak merugikan peternak lokal serta pedagang.

“Karena itu kami menurunkan lagi harga daging menjadi Rp 65.000 per kilogram. Dan nyatanya memang benar bahwa sejak ada gerakan Bulog, serta Artha Graha Peduli yang langsung menjual ke para pembeli akhir, maka harga daging terlihat mulai terus menyesuaikan. Pada akhirnya, masyarakat jua-lah yang terbantukan, itulah kebahagiaan dan tujuan kami semua,” katanya.

http://www.beritasatu.com/nasional/129168-artha-graha-peduli-gelar-pasar-sembako-murah-di-cipete.html