80 Teruna AAL Beraksi di Milan

Back to Home

2015-06-10_terunaAALSEBANYAK 80 teruna Angakatan Laut Indonesia tampil di World Expo Milano (WEM) 2015, di Milan, Italia. Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan kedatangan pasukan KRI Banjarmasin-592 ke Paviliun Indonesia di World Expo Milan 2015 menggetarkan pameran kelas dunia tersebut.

”Sebanyak 80 taruna yang tergabung dalam Genderang Suling Gita Jala Taruna menampilkan atraksi menarik. Gerakan akrobatik plus tarian kombinasi hadirkan nuansa berbeda pada Paviliun Indonesia,” katanya di Milan, Minggu (7/6).

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) sebagai bagian kegiatan bergengsi Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015, ratusan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia pada 7 Juni 2015 juga turut mempertontonkan kirab genderang suling.

Perwira Operasi Kartika Jala Krida (KJK) 2015 Mayor Laut (P) Fafan Yudo Brahmono menuturkan, “Genderang suling terdiri dari tiga jenis kelompok, yakni walrus, tenor, dan senar drum. Ketiga elemen tersebut dikombinasikan menjadidrumband dengan berbagai aksi akrobat. Gerakan akrobat ini yang menjadi keunggulan,” paparnya.

Genderang suling ini merupakan ikon dari Akademi Angkatan Laut (AAL). Mayor Laut (P) Fafan menjelaskan bahwa setiap Taruna AAL akan dilatih menjadi genderang suling. Sebab, memainkan drumband ini bisa dibilang menjadi salah satu kemampuan dasar yang diperlukan. ”Kehadiran genderang suling di WEM 2015 ini membawa nama Indonesia. Sehingga, harus benar-benar matang dan bisa menampilkan sesuatu yang luar biasa. Kami tentunya berusaha keras,” jelas dia.

Atraksi yang ditonton ribuan orang tersebut dilepas langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo dan disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia Laksamana TNI Ade Supandi dan Minister Counsellor KBRI Roma Agus P. Saptono di depan Paviliun Indonesia.

Kehadiran mereka menyampaikan pesan kepada pengunjung bahwa Indonesia sebagai sebuah negara maritim yang memiliki kekayaan laut, seni, dan budaya terus berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan kekayaan kemaritiman Indonesia sebagai bagian dari kekayaan laut dunia.(RO/H-5)

Sumber :

http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/12205/80-Teruna-AAL-Beraksi-di-Milan/2015/06/10